Selasa, 06 November 2012

ION SELEKTIF ELEKTRODA



 
ION SELEKTIF ELEKTRODA

Metoda potensiometri telah digunakan untuk mendeteksi titik akhir titrasi.Sekarang, metode ini dapat digunakan secara langsung untuk menentukan konsentrasi suatu ion  (Ion selective electrode)
Metoda potensiometris didasarkan pada pengukuran beda potensial yang terjadi antara sepasang elektroda dalamlarutan yakni elektroda pembanding (EP) dengan elektroda indikator (EI) iontertentu dimana besarannya merupakan fungsi logaritma dari aktifitas ion tertentuyang ditunjuknya. Penentuan secara langsung suatu ion dalam larutandimungkinkan dengan pemilihan elektroda indicator bagi ion dimaksud.Pada elektroda ion selektif sistem elektrodanya menggunakan suatu sistem penyekat khusus yang memungkinkan dia dapat respon selektif terhadap iontertentu, dapat berupa membran gelas, kristal garam tertentu maupun resin penukar ion.
Hubungan yang linear antara besaran dengan potensial dengan konsentrasi ionsianida dapat dialurkan pada yaitu:a.Kurva semi logaritma dimana besaran konsentrasi ion pada absis denganskala log-nya dan potensial sel (E) pada skala biasa b.Pada grafik biasa (mm block) antara beda potensial terhadap nilai minuslogaritma konsentrasi ionnya
Elektroda ini mengandung membran gelas, kristal atau cairan yangmempunyai sifat perbedaan potensial antara membran dan elektrolit yang kontak dengan membran tersebut ditentukan oleh aktifitas dari ion tertentu. Elektrodamembran yang paling tua dan paling banyak digunakan adalah elektroda gelas.Elektroda ini dikatakan selektif-ion karena hanya spesifik untuk ion H+. Elektrodaini dapat dilihat pada Gambar.

Elektroda gelas ini terdiri dari membran yang sangat tipis yang terbuat darigelas yang permeabel terhadap ion H+. Elektroda Ag ½AgCl dicelupkan ke dalamlarutan buffer yang mengandung ion Cl-. Kadang-kadang digunakan jugaelektroda kalomel untuk mengganti elektroda Ag ½AgCl. Elektroda gelasterutama digunakan pada pengukuran pH.Dengan melakukan pengukuran terhadap deretan larutan standar ion sianidakemudian dialurkan nilai potensial selnya terhadap konsentrasi ion akandidapatkan kurva kalibrasi standar yang dapat digunakan langsung bagi penentuankonsentrasi ion CN- dari larutan tugas. Pada elektroda ion selektif sianida inimembutuhkan lingkugan suasana basa dengan penambahan larutan NaOH.
titik akhir dalam titrasiatau langsung ditentukan konsentrasinya dari pengukuran potensial. Selainmembran polimer, membrane padat lainnya adalah elektroda enzim yang saat ini juga sudah tersedia. Salah satu contoh pemakaian elektroda membran cair adalah penentuan ion Ca dimana garam Ca dari asam dodesilfosfat merupakan komponenaktif dalam pelarut di-n-asetilfenil fosfonat. Sedang membran cair anion selektif diperoleh dengan menggunakan spesies kationik yang secara selektif menarik anion kedalam pelarut organik. Sebagai contoh :
1. Komplek besi(II) fenantrolin yang secara selektif mengekstrak perklorat2. Komplek nikel yang secara selektif mengekstrak nitratMembran zat padat dipersiapkan dari AgCl, AgBr berperanan sepertimembran yang spesifik untuk Ag
+
, karena tingginya konduktivitas ionik Ag
+
dibandingkan dengan Cl
-
dan Br 
-
. Ag
2
S juga dapat digunakan bersama-samadengan logam sulfida lain seperti CuS, PbS dan CdS yang responsif terhadaplogam-logam tertentu.Demikian juga elektroda enzim dapat digunakan untuk mengukur glukosadan urea. Elektroda tersebut biasanya digunakan untuk penentuan enzim dan zatyang berinteraksi dengan enzim, misalkan elektroda sensitif amigdofin dapatdibuat dengan mengimpregnasikan β-glukosidase dalam suatu lapisan gel yangdigabungkan dengan elektroda membran sensitif sianida.Suatu elektroda sensitif CO
2
terdiri atas elektroda gelas sensitif H
+
yangsekelilingnya diselimuti lapisan larutan Na
2
CO
3
yang dapat menahan gasCO
2
.Elektroda ini sangat bermanfaat dalam kimia lingkungan untuk analisiskarbondioksida terlarut dalam sampel air.Jenis membran ion-selektif yaitu Ada empat tipe utama ion-selektif membran yang digunakan dalam elektroda selektif ion: membran kaca,membranKristal, membran ion exchange dan senyawa elektroda.
1.
Kaca membranKacamembran yang dibuat dari pertukaran ion-jenis kaca(silikatatau chalcogenide).Jenis ISE telah baik selektivitas,tapi hanya untuk beberapa  bermuatan tunggalkation;terutama H
+,
Na
+,
dan Ag
+.
 Chalcogenide kacajugamemiliki selektivitas untuk ganda bermuatan ion ogam, seperti Pb
2 +
dan Cd
2+
. The glass membrane has excellent chemical durability and can work in veryaggressive media. Gelas kimia membran memiliki daya tahan yang sangat baik dan dapat bekerja di media yang sangat agresif. Sebuah contoh yang sangatumum jenis elektroda ini adalahpH elektroda kaca.
2.
Membran kristal


Adapun klasifikasi elektroda selektif ion berdasarkan membran yangdigunakan yaitu:
a.Membran Kristal
·         -Kristal tunggal.
·         -Polikristalin atau Kristal campuran.
 b.Non kristalin membrane
·         -Gelas
·         -Cairan
·         -Cairan polimer
Dapat dikatakan bahwa elektroda ion selektif terdiri atas membran yangresponsif secara selektif terhadap suatu spesies ion tertentu dan mengadakankontak bagian luarnya dengan larutan yang akan ditentukan. Sedang bagian dalam berisi larutan yang mempunyai aktifitas tertentu yang mengadakan kontak denganelektroda pembanding.Membran yang digunakan dapat berupa polimer ataupun membran cair yangterdiri atas pelarut yang tidak bercampur dengan air dan suatu reagen yang bersifat sebagai pengekstraksi melalui mekanisme chelat. Jika membran cair tersebut memisahkan dua larutan, selektivitas ion tercapai terlebih dahulu melaluiselektif ion tertentu melalui fase membran dan juga melalui perbedaan mobilitasion dalam membran. Biasanya penukar ion seperti TOA, Amberlit LA-1, LA-2,Aliquot 336S atau penukar kation cair seperti asam bis 2-etilheksilfosfat(HDEHP), asam dinonilnaftalen sulfonat (DNS) digunakan sebagai bahanmembran.Elektroda selektif dapat digunakan sebagai detektor titik akhir dalam titrasiatau langsung ditentukan konsentrasinya dari pengukuran potensial. Selainmembran polimer, membrane padat lainnya adalah elektroda enzim yang saat ini juga sudah tersedia. Salah satu contoh pemakaian elektroda membran cair adalah penentuan ion Ca dimana garam Ca dari asam dodesilfosfat merupakan komponenaktif dalam pelarut di-n-asetilfenil fosfonat. Sedang membran cair anion selektif diperoleh dengan menggunakan spesies kationik yang secara selektif menarik anion kedalam pelarut organik. 

 PRINSIP KERJA ISE
Elektroda Selektif ion (ESI) adalah sel paro elektrokimia (elektroda) yang menggunakan membran selektif ion sebagai elemen  pengenal (sensor), karenanya ESI akan lebih merespon analit yang disensornya dibandingkan ion lain yang berada bersama-sama dalam sampel. Membran merupakan lapisan tipis bersifat semipermeabel yang memisahkan 2 fasa dengan permeabilitas yang terkontrol.
Pada saat kontak dengan larutan analit, bahan aktif membran akan mengalami disosiasi menjadi ion-ion bebas pada antarmuka membran dengan larutan. Jika anion yang berada dalam larutan dapat menembus batas antarmuka membran dengan larutan yang tidak saling campur, maka akan terjadi reaksi pertukaran ion dengan ion bebas pada sisi aktif membran sampai mencapai kesetimbangan  elektrokimia.


Cara Kerja
1. Isi ke botol digital buret dengan larutan standar 1000 ppm CN-, set alatdengan menekan tombol Fill , kemudian tombol Clear, minimumkan speedregulatornya.
2. Siapkan 6 buah labu ukur 50 mL, kepada labu ke dua masukkan ujung buret, masukkan 50 mL, tekan dengan hati – hati tombol Go gunamengeluarkan 0,050 mL larutan standar sianida 1000 ppm CN-
3.Dengan cara yang sama keluarkan 0,200 ; 0,800 ; 3,200 ; 12,800 mLlarutan standar sianida 1000 ppm ke dalam labu ke 3 s/d ke 6.
4. Tambahkan masing – masing 5 mL NaOH 1 N, lalu encerkan sampaitanda batas dengan aquadest, maka akan didapatkan deretan standar 0 ; 1,0 ;4,0 ; 16,0 ; 64,0 ; 256,0 ppm CN-
5.Pasangkan elektroda ion selektif sianida pada alat pH / ion meter, celupkanelektroda bersama termometer kepada larutan blanko. Ukur suhunya dan atur tombol koreksi suhu pada nilai suhu larutan dengan menekan tombol up /down.6.Tekan mode untuk memilih fungsi mV, biarkan stabil dan catat nilai beda potensial yang ditunjukkan sebagai E dalam mV.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar