Selasa, 08 Januari 2013

AUTOCLAVE



AUTOCLAVE


Autoclave (Otoklaf)Fungsi:untuk sterilisasi larutan,media, peralatan gelas danuntuk membunuhmikroorganisme yang telahselesai digunakan ataudibuang.Bahan:Stanlies steel.Sumber listrik: 220 Volt.Maksimal tekanan: 3 ATM.Perlengkapan: jarum penunjuk tekanan, pengatur
Autoclave berfungsi untuk membunuh kuman atau bakteri yang terdapat pada bahan atau alat yang pada umumnya terbuat dari logam, plastik, karet, tekstil gelas juga liquid (cairan) dalam keadaan terbungkus maupun tidak.
Autoclave adalah alat untuk mensterilkan berbagai macam alat dan bahan yang digunakan dalam mikrobiologi menggunakan uap air panas bertekanan. Tekanan yg digunakan pada umumnya 15 Psi atau sekitar 2 atm dan dengan suhu 121°C (250 °F). Jadi tekanan yg bekerja ke seluruh permukaan benda adalah 15 pon tiap inchi 2 (15Psi =15 pounds per square inch). Lama sterilisasi yang dilakukan biasanya 15 menit untuk 121°C.


Cara penggunaan
1.      Sebelum melakukan sterilisasi cek dahulu banyaknya air dalam autoclave. Jika air kurang dari batas yang ditentukan maka dapat ditambah air sampai batas tersebut. Gunakan air hasil destilasi , untuk menghindari terbentuknya kerak dan karat.
2.      Masukkan alat dan bahan
3.      Tutup autoclave dengan rapat lalu kencangkan baut pengaman agar tidak ada uap yang keluar dari bibir autoclave. Klep pengaman jangan dikencangkan terlebih dahulu
4.      Nyalakan autoclave, diatur timer dengan waktu minimal 15 menit pada suhu 121°C.
5.      Tunggu sampai air mendidih  sehingga uapnya memenuhi kompartemen autoklaf dan terdesak keluar dari klep pengaman. Kemudian klep pengaman ditutup (dikencangkan) dan tunggu sampai selesai. Perhitungan waktu 15’ dimulai sejak tekanan mencapai 2 atm.
6.      Jika alarm tanda selesai berbunyi, maka tunggu tekanan dalam kompartemen turun hingga sama dengan tekanan udara di lingkungan (jarum pada preisure gauge menunjuk ke angka nol). Kemudian klep-klep pengaman dibuka dan keluarkan isi autoklaf dengan hati-hati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar